Kamis, 28 April 2011

Menambah atau menghapus shortcut menu klik kanan

Shortcut menu klik kanan seperti gambar dibawah ini sangat membantu sekali bagi kita. Biasanya, menu ini bertambah secara otomatis ketika kita menginstall program baru yang memerlukan menu ini sebagai jalan pintas.

Sebagian kita mungkin merasa terganggu jika menu ini sudah terlalu banyak isinya. Untuk itu perlu dihapus sebagian yang dirasa tidak diperlukan. Sebaliknya, mungkin Anda malah ingin menambah item dari menu ini sesuai dengan keinginan Anda untuk memudahkan Anda tentunya.
Menghapus Item pada Menu Klik Kanan
Menghapus atau menghilangkan menu ini sangat mudah sekali asalkan Anda bisa mengedit Registry.
Untuk File, rahasianya adalah terletak pada "context menu handlers" dibawah subkey shellex untuk "All Files" pada registry yaitu terletak pada HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers. Klik kanan tanda + pada key ContextMenuHandlers.
Disana Anda bisa melihat semua program yang telah ditambahkan pada menu klik kanan Anda. Untuk menghapusnya, Anda cukup menghapus key program sesuai dengan program yang ingin Anda hapus.
Mudah bukan ? Untuk keamanan, ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan backup agar jika nanti Anda ingin mengembalikan keseperti semula, Anda tinggal merestore kembali backup tersebut.
Catatan:

Registry Key diatas hanya untuk menu klik kanan pada file, untuk menu klik kanan pada folder, registry yang harus dibuka adalah HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shellex\ContextMenuHandlers sedangkan untuk drive/partisi hardisk adalah di HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shellex\ContextMenuHandlers.
Untuk cara menghapus menu klik kanan pada Folder dan Drive ini, langkah langkahnya sama dengan pada menu klik kanan untuk file yaitu dengan cara mendelete/menghapusnya dari registry.
Ingat.. Backup Registry Anda setiap Anda akan mengedit Registry
Menambah Item pada Menu Klik Kanan
Menambah Item ke menu klik kanan untuk file dan folder juga sama mudahnya dengan menggunakan Registry. Anda hanya perlu menambahkan key baru untuk tiap item yang akan Anda tambahkan. You edit the same keys used for removing items. Disini kita akan gunakan Notepad sebagai contoh item yang ingin kita tambahkan pada menu klik kanan dari file atau folder kita.
  • Untuk Folder, cari key HKEY_CLASSES_ROOT\Folder di registry dan klik tanda + pada key Folder untuk melihat key Shell. Klik kanan pada key Shell dan pilih New dan beri nama key tersebut "notepad" atau apasaja yang Anda suka. Klik kanan pada key yang baru Anda buat tadi dan buat key lain dengan nama Command. Pada panel sebelah kanan, klik dua kali pada tulisan "Default" dan ketik Notepad.exe sebagai nilainya. Keluar dari registry, refresh dan coba hasilnya pada folder.
  • Untuk file, cari key HKEY_CLASSES_ROOT\* di registry dan klik tanda + pada key * untuk melihat key Shell. Klik kanan pada key Shell dan pilih New dan beri nama key tersebut "notepad" atau apasaja yang Anda suka. Klik kanan pada key yang baru Anda buat tadi dan buat key lain dengan nama Command. Pada panel sebelah kanan, klik dua kali pada tulisan "Default" dan ketik Notepad.exe sebagai nilainya. Keluar dari registry, refresh dan coba hasilnya pada folder.
Sangat mudah bukan? mendapatkan hal hal yang baru memang menyenangkan, tetapi ketika kita berhubungan dengan pengeditan registry, kita harus hati hati dan selalu melakukan backup sebelum memulai pengeditan. Segala bentuk kesalahan Anda dalam mengedit registry adalah resiko Anda sendiri, jika Anda tidak yakin dengan apa yang akan Anda perbuat, sebaiknya Ada tidak melakukannya.

2 komentar:

  1. Kalo mau hilangkan format dari klik kanan pada drive, gimana mas?

    BalasHapus
  2. Hebat Mas Bro, saya kewalahan menghilangkan ada file aneh bahasa china dalam bentuk rar di contect menu. Dengan cara yang disampaikan di atas, file menjengkelkan tersebut hilang. Tip dan triknya TOP MARKOTOP.......

    BalasHapus